Minggu, 16 Januari 2011

Apa yang kau cari ?

Apa yang kau cari ?....

      Perlu diinsyafi oleh pelajar, bahwa tiap-tiap siswa sewaktu-waktu harus bertanya kepada dirinya sendiri: “Datang kesini mencari apa?, dan untuk apa?, Apakah datang kesini untuk mencari enaknya saja?, Apakah hanya untuk mencari teman?, dan ataukah  Apakah hanya untuk mencari kelas?”.
      Kalau datang kesini hanya untuk mencari teman, cari keramaian di sini bukan tempatnya. Di pasar dan di bioskop teman lebih banyak dan lebih ramai. Kalau datang kesini cari kelas, di sini juga bukan tempatnya. Karena kalau kita berada di kota masuk sekolah swasta akan mudah dan bebas memilih kelas dengan semaunya. Jadi datang kesini mencari apa?....Kalau siswa menjawab : “saya datang kesini mencari ilmu dan pendidikan”. Inilah jawaban yang tepat.
      Makan tidak enak, tidur tidak enak, tidak menjadi soal, kalau benar-benar yang dicari adalah ilmu dan pendidikan. Duduk di kelas satu sejajar dengan anak-anak kecil tidak menjadi soal. Karena datang ke sini bukan untuk mencari kelas, tetapi untuk mencari ilmu. bukankah yang diwajibkan nabi adalah untuk mencari ilmu bukan mencari kelas!. Juga tidak tepat apabila yang dicari hanya ilmu umum saja, atau hanya ilmu agama saja, atau hanya bahasa arab saja, atau bahasa inggris saja. Di sini semuanya seimbang.
      Maka dari itu harus diinsyafi agar tidak salah addres atau salah wesel, agar tidak menyesal kemudian. Masih harus selalu diingat pertanyaan: “Apa yang dicari?”. Ini kadang-kadang pernah terjadi:
-          hanya terpesona sesuatu yang bukan tujuan lalu lupa dan pindah.
-          hanya karena kalah bermain olahraga, kecewa kemudian tidak kerasan.
-          hanya karena kalah pengaruh dengan kawan dalam kepandaian.
-          hanya karena dipuja-puja teman lalu lupa tujuannya.
-          hanya karena terbujuk rayuan kawan lalu pindah.
-          hanya karena kawan akrab ada yang pulang lalu ikut-ikutan pulang, karena setia kawan. Dan-
-          hanya karena ingat keluarga di rumah lalu pulang. Dan lain sebagainya.

      Ini semua harus selalu diingat agar tidak mudah tergoda/terkena penyakit. Ingatlah selalu apa yang kita cari. Berjalan sampai ke batas. Berlayar sampai ke pulau.

Darurrahmahisme

DARURRAHMAHISME RUHIYAH PONDOK Selayang Pandang Bapak Pimpinan Pondok الحمد لله رب العالمين . وبه نستعين . ألصلاة والسلام علي حبيبه الكري...