Minggu, 16 Januari 2011

GBHPP Pondok


 Garis Besar Haluan Pendidikan dan Pengajaran di Pondok

      Sebagaimana syiar kita, semboyan kita, dasar hukum kita, semboyan pondok-pondok pesantren umumnya, semboyan al-Azhar, jamiah Madinah dan lain-lain. Bersyukurlah. Kita sudah beruntung dapat memodernkan cara mengajar dan cara belajar pondok, sehingga mendapatkan hasil yang tidak mengecewakan. Bersyukurlah bahwa kita beruntung pula, anak-anak didik tamatan kita, dapat tempat yang cukup baik dalam masyarakat. “Dimana tempatnya di masyarakat?”. Banyak dan macam-macam/tidak sama. Yang demikian itu biasa, karena masing-masing berjalan menurut kondisi pribadi masing-masing, dan situasi yang melingkunginya.
      Hal yang demikian itu, diawali pula oleh perguruan-perguruan lain atau Universitas-Universitas lain. Kita sudah beruntung, bahwa bekal yang dibawa oleh para siswa dari pondok kita ini, ternyata dapat menjadi bekal perjuangan yang baik. Sedang kekurangan bekal dalam masyarakat dapat ditambah, dengan pertolongan mental yang menjadi pokok bekalnya. Maka mental harus diutamakan dan memang ini kekhususan Pondok Pesantren Darurrahmah.
      Yang demikian itu jangan diminati menjadi lebih dari kapasitas kemampuannya, atau berubah jalannya, atau di SMA kan, sehingga besar kemungkinan merangsang hilangnya prinsip jika ilmu pengetahuan umum diharuskan sama dengan sekolah-sekolah yang tanpa pendidikan dan pelajaran agama (di SMA kan), maka akibat negatifnya dapat dibayangkan karena tidak kuat menerima, dan patah, atau mengalahkan yang telah ada, sehingga akhirnya terlalu mengecewakan atau seperti PGA yang akhirnya tidak sana dan tidak sini. Atau menjadi sebab timbulnya penyakit perasaan rendah diri. Akhirnya yang sudah ada menjadi mengecewakan, yang dikejar-kejar masih menjadi pertanyaan.
      Cita-cita menginginkan supaya pejabat-pejabat Negara dan panglima militer Negara; supaya orang-orang yang keluaran pondok sebagai sarana dakwah, masih belum dapat diterima pada waktu ini. Dan belum tentu dapat menduduki fungsi-fungsi itu, meskipun andaikata sudah tercapat syarat-syaratnya. Perlu diselidiki, dilihat-lihat, sudah adakah cita-cita sedemikian itu terlaksana; baik di negara Kristen atau hingga waktu ini; atau barangkali di Negara Islam?. Adapun seorang mubaligh atau dai harus memiliki ilmu pengetahuan umum, sudah ada dan sudah terlaksana. Demikian pula seorang pejabat harus tahu soal agama dalam masyarakat, tidak terlalu sukar dilaksanakan, kalau mau. Tapi membuat atau mencari pejabat yang bermental agama tidak mudah. Bahkan yang keluaran pesantrenpun apabila sudah menjadi pejabat sering merubah mentalnya menjadi alat mati.  
Supaya tahu ide pendiri.
  • Kalau ada orang yang memuji-muji hasil pelajaran dan pendidikan pondok. Janganlah hal itu  mempengaruhi arah kita atau prinsip kita.
  •  
  • Kita mengatakan dan mengingatkan bahwa pengetahuan umum tamatan pondok (P&K) supaya setarap dengan pengetahuan umum SMA bahkan dalam beberapa hal dapat melebihinya tapi ini jangan diartikan sama atau ingin disamakan (di SMA kan), Tidak. Jangan nantinya ada usul “supaya ilmu dagang dikuatkan”,supaya ilmu pertanian dikuatkan”, “supaya penghafal al-Quran diadakan”. Kalau  ada yang berkata; “supaya dapat menjabat…”. “untuk dapat masuk ke fakultas umum…”, maka masukkan saja ke SMA. Dan itu dapat diartikan bahwa ia telah keluar dari jiwa pondoknya. Sedang SMA nya itupun tidak akan dapat menjamin kalau ada orang yang ingin semua untuk menjadi ulama, dan menjadi  ahli tehnik, ahli kedokteran, ahli ekonomi. Ini tidak dapat dibenarkan.  Semoga Allah senantiasa menolong  dalam semua langkah dan amal kita semua. Amin…
   
         Yang perlu diingat pula bahwa sistem pendidikan di pondok adalah pendidikan kemasyarakatan. Dengan maksud bahwa santri setelah lulus dari pondok mereka dapat berinteraksi sosial dengan masyarakat akademik maupun masyarakat public/umum dengan modal apa yang telah didapat dari pondok sebagai kunci. Sehingga tidak kaku bagi mereka yang akan melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi ataupun mengamalkan ilmunya di masyarakat.

Darurrahmahisme

DARURRAHMAHISME RUHIYAH PONDOK Selayang Pandang Bapak Pimpinan Pondok الحمد لله رب العالمين . وبه نستعين . ألصلاة والسلام علي حبيبه الكري...