Minggu, 16 Januari 2011

Pendidikan Kemasyarakatan


Pendidikan kemasyarakatan

      Pondok Pesantren Darurrahmah mementingkan pendidikan daripada pengajaran. Arah dan tujuan pendidikan di Pondok Pesantren Darurrahmah ini ialah pendidikan kemasyarakatan. Segala apa yang sekiranya akan dialami oleh anak kita dimasyarakat, itulah yang dididik oleh Pondok Pesantren Darurrahmah kepada mereka. Segala tindakan dan pelajaran, bahkan segala gerak gerik yang ada di Pondok ini semuanya akan ditemui dalam perjuangan hidup atau dalam masyarakat.
      Tegasnya tidak mementingkan atau mengingat apa yang harus dipelajari di Perguruan Tinggi kelak, tetapi selalu mengingat apa yang akan ditemui dalam masyarakat kelak. Dengan pengharapan apabila kita (anak didik kita) nanti masuk ke dalam masyarakat tidak akan terlalu canggung untuk menjadi guru pada Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyyah, Sekolah menengah, Tsanawiyah, baik mengajar dalam mata pelajaran agama atau pelajaran umum. Tidak pula canggung untuk menjadi pengurus organisasi, muballigh, imam, pegawai dan lain-lain.
      Disamping itu, kita tidak boleh pula segan menghadapi kenyataan yang ada dalam masyarakat perekonomian, seperti dalam perusahaan, pertanian dan lain sebagainya. Mengingat bakat masing-masing serta situasi dan kondisi yang ada pada masing-masing; sebagaimana yang telah dialami oleh bapak-bapak kita keluaran Pondok yang dulu-dulu. Jadi harus kita hidupkan dan kita semangatkan jiwa kewiraswastaan. Hanya saja, setelah kita tamat dan ternyata masih kuat, dan semangat masih ada, orangtua masih sanggup, persiapan otak masih segar dan tidak terpengaruh “ingin lekas tua”, dapat juga mencoba masuk Perguruan Tinggi di dalam maupun di luar negeri, dan banyak pula yang telah mencapai kesarjanaannya, atau menyelesaikan studinya.
      Tetapi sekali lagi harus diingat, kita adalah untuk masyarakat, jangan seakan-akan menjauhi masyarakat. Masyarakat menanti kedatangan kita, mengharap pimpinan kita, dan akhirnya masyarakat pula yang akan menilai sampai dimana nilai pribadi kita dan amalan kita.

Darurrahmahisme

DARURRAHMAHISME RUHIYAH PONDOK Selayang Pandang Bapak Pimpinan Pondok الحمد لله رب العالمين . وبه نستعين . ألصلاة والسلام علي حبيبه الكري...