Minggu, 16 Januari 2011

Pondok & Pelajaran


Pondok tidak mendidik santrinya untuk menjadi pegawai.
     
      Tujuan pokok ke Pondok Pesantren adalah untuk mencari ilmu. Bukan untuk menjadi pegawai. Pondok Pesantren Darurrahmah tidak mendidik santrinya untuk menjadi pegawai, akan tetapi menganjurkan kepada santrinya agar giat dalam menuntut ilmu dengan niat yang suci. Dan ibadah memenuhi perintah Allah. Tentang nanti dapat menjadi pegawai atau tidak, tingkat berapa, sama sekali tidak menjadi dasar fikiran atau perhitungan. Bahkan diharapkan para santri nanti dikemudian hari dapat menjadi pemimpin sesuatu usaha atau organisasi. Harapan yang tinggi dari bapak Pimpinan Pondok, bahkan idealismenya ke depan bagi santrinya adalah “Lebih baik jadi kepala ikan teri daripada jadi ekor ikan kakap”.

Pelajaran di Pondok Pesantren Darurrahmah

      Pelajaran-pelajaran di Pondok Pesantren Darurrahmah masuk dalam program Pendidikan & Kebudayaan (P&K). dengan dikepalai oleh penanggungjawab bagian dengan sebutan Direktur P&K. Dulunya adalah Kulliyatul Muallimiin wa al-Muallimat al-Islamiyyah (mulai tahun 1999 s/d tahun 2006, kemudian diganti nama menjadi P&K pada tahun 2007 sampai sekarang). Adapun pelajaran-pelajaran di P&K ini berisi pengetahuan umum dan pengetahuan agama, serta beberapa pelajaran kitab-kitab kuning pilihan tingkat lanjutan.
      Adapun beberapa mata pelajaran yang ada di SMP, SMA sengaja dikurangi jamnya guna diisi dengan pelajaran bahasa dan agama serta kitab kuning. Sehingga tercipta keseimbangan antara pelajaran-pelajaran umum, agama dan bahasa. Sementara Olahraga dan kesenian cukup di luar jam pelajaran (extra Curricular).
      Tamatan kelas enam nanti dapat memahami sendiri buku-buku, kitab-kitab pelajaran agama yang dalam bahasa Arab maupun dalam bahasa Inggris.

Darurrahmahisme

DARURRAHMAHISME RUHIYAH PONDOK Selayang Pandang Bapak Pimpinan Pondok الحمد لله رب العالمين . وبه نستعين . ألصلاة والسلام علي حبيبه الكري...